Tanda tanda gejala awal terkena penyakit jantung - Situ'Sehat

Informasi Seputar Kesehatan | Tips Kesehatan | Pola Hidup Sehat

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 12 Oktober 2017

Tanda tanda gejala awal terkena penyakit jantung

Tanda tanda gejala awal terkena penyakit jantung - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang perlu kita waspadai karena penyakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu dunia. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terkena penyakit jantung tetapi anak yang masih dalam proses pertumbuhan pun bisa terkena penyakit jantung.

Manusia mungkin bisa hidup dengan satu ginjal saja, namun tidak ada satupun manusia yang bisa hidup tanpa jantung. Organ yang terletak di dada ini merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

Biasanya, jika seseorang menderita penyakit tertentu akan ada gejala-gejala yang timbul termasuk juga pada penyakit jantung. Sehingga dengan mengetahui gejala yang timbul seseorang bisa didiagnosa mengalami penyakit tertentu. Meskipun ada diantaranya ciri-ciri umum penyakit selain jantung yang sama dengan ciri penyakit lain namun ada juga ciri penyakit jantung tertentu yang khas dan berbeda dari gejala penyakit lain.



Berikut adalah gejala awal penyakit jantung yang sering dijumpai ketika serangan jatung menimpa seseorang diantaranya sebagai berikut:

1. Sakit di bagian Kepala.
Sakit di bagian kepala jika terkena sinar matahari juga bisa saja merupakan ciri seseorang bermasalah dengan jantungnya. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita juga harus waspada jika mengalamai sakit migrain karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of eurology sakit kepala pada penderita penyakit jantung bisa saja akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.

2. Nyeri di bagian Dada.
Nyeri di bagian dada merupakan salah satu tanda-tanda umum problem jantung. Tetapi tidak semua nyeri dada dapat di katakan sebagai gejala awal sakit jantung karena bisa saja akibat penyakit lainnya, akan tetapi kita harus tetap waspada karena bisa saja nyeri dada merupakan salah satu ciri penyumbatan arteri sehingga menyebabkan darah tidak mengalir keseluruh tubuh. Jika kondisi ini terjadi seseorang menjadi lemah dan mati rasa.

3. Keluar keringat.
Biasanya seseorang berkeringat usai berolahraga atau waktu cuaca panas. Namun Anda wajib waspada jika tubuh Anda mengeluarkan keringat meski tidak melakukan aktivitas apapun, karena bisa saja ini merupakan ciri jantung bermasalah.

4. Pembengkakan.
Gejala lainnya yang mengindikasikan bahwa jantung sedang dalam keadaan yang kurang baik dan kelainan katup jantung adalah pembengkakan yang terjadi pada saat cairain menumpuk didalam tubuh. Pada umumnya pembengkakan ini terjadi pada pergelangan kaki dan juga perut.

5. Sesak nafas.
Jika seseorang mengalami sesak napas bisa saja karena diakibatkan oleh pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang didistribusikan keseluruh tubuh yang dapat menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung, penebalan pada otot jantung dan juga katup jantung yang mengalami kelainan.

6. Rasa mual.
Gejala Sakit Jantung dimulai dengan pembengkakan dibagian perut. perihal ini mengakibatkan pasien kehilangan nafsu makan serta rasakan mual berlebih.

7. Denyut jantung tidak beraturan.
Jika Anda mengalami denyut jantung tak teratur, ini patut diwaspadai karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Denyut jantung tak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

8. Rasa cemas.
Biasanya orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga menimbukan rasa tegang, ketakutan dan juga kecemasan, rasa cemas ini tentu saja harus dihindari karena merupakan pemicu munculnya kembai serangan jantung. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap tenang dan sebisa mungkin untuk menghilangkan cemas.

9. Merasa mudah lelah.
Tubuh lebih rentan lelah dari biasanya, padahal Anda mungkin sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik yang begitu berat. Rasa capek ini tidak hanya dirasakan bila anda beraktivitas tetapi juga kerap dirasakan waktu bangun tidur. Perasaan mudah lelah ini juga menjadi salah satu gejala awal penyakit jantung yang patut diwaspadai.

Namun hal yang paling penting tentu saja adalah menjaga kesehatan sebelum sakit menyerang pada bagian tubuh tertentu. Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, mengkonsumsi makanan yang begizi seimbang dan menjaga pola hidup sehat sehingga tubuh tetap dalam keadaan yang fit untuk melakukan berbagai macam akitivitas sehari-hari. Selain itu, pemeriksaan rutin bisa dilakukan guna menegetahui kesehatan tubuh khususnya kesehatan jantung.

Semoga informasi ini memberikan kepada pembaca pengetahuan tentang gejala penyakit jantung jika diderita oleh seseorang. Penanganan dini secara tepat jauh lebih baik, sehingga dianjurkan sekali untuk mengetahui berbagai ciri yang timbul dari sebuah penyakit dan langsung mengkonsultasikannya dengan dokter ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here