Penyebab utama penyakit jatung koroner - Situ'Sehat

Informasi Seputar Kesehatan | Tips Kesehatan | Pola Hidup Sehat

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 15 Oktober 2017

Penyebab utama penyakit jatung koroner

Penyebab utama penyakit jatung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit paling mematikan didunia. Jantung koroner terjadi akibat dari tersumbatnya pembuluh arteri koroner sehingga aliran darah yang membawa suplai oksigen ke janutng terhambat. Tersumbatnya pembuluh arteri koroner tersebut disebabkan oleh plak plak yang semakin menumpuk.

Terdapat banyak hal yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Meskipun begitu, penelitian telah menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi, indeks lemak darah yang tinggi, diabetes, kegemukan, atau apabila Anda merokok, dan inflamasi vaskular merupakan faktor utama yang melukai dinding arteri, dan menyebabkan penyakit jantung koroner.



Berikut penjelasan penyebab utama penyakit jantung koroner :

Tekanan Darah Tinggi.
Hipertensi akan membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Penyebab hipertensi tidak jauh berbeda dengan penyebab penyakit jantung, yaitu keturunan, konsumsi alkohol, kurangnya olahraga dan lain sebagainya.

Stres dan Depresi.
Stres dan depresi sangat berpotensi menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah dan memperbesar risiko serangan jantung. Sedangkan orang yang mengalami depresi memiliki risiko 2-3 kali lebih besar untuk mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan yang tidak mengalami depresi.

Merokok.
Merokok, baik secara pasif maupun aktif, mempengaruhi pembuluh darah yang mengantarkan darah ke jantung dan organ tubuh yang lain. Merokok juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah, merusak dinding pembuluh darah, serta membuat sel darah menjadi menempel satu sama lain. Akibatnya, darah mengalir lebih lambat sehingga penyumbatan menjadi lebih mudah terjadi. Itu sebabnya merokok meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kolesterol Tinggi.
Kadar kolesterol tinggi menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah koroner, sehingga menyebabkan darah sulit mengalir ke berbagai organ, termasuk jantung. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan ber kolesterol tinggi yang tak terkontrol. Jika Anda tidak mau terkena resiko ini, Anda bisa memilih makanan dengan kadar kolesterol rendah seperti, kacang-kacangan (kedelai, kacang panjang dsb), ayam tanpa kulit, ikan kembung, ikan mujair, dan dang segar.

Kurangnya berolahraga.
Gerak atau aktifitas fisik, termasuk olah raga merupakan salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan kadar kalori (gula dan kolesterol) dalam tubuh. Jika Jumlah gula dan kolesterol yang masuk dalam tubuh Anda terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan aktifitas fisik, maka bisa dipastikan terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Berat Badan Berlebih.
Berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Batasan yang paling sering digunakan adalah Body Mass Index (BMI). Nilai BMI antara 18.5 – 24.9 pada orang dewasa dianggap berat badan normal, sedangkan nilai 25 – 29.9 dianggap berat badan berlebih. Sedangkan nilai BMI lebih dari 30 dianggap obesitas.

Diabetes mellitus.
Hampir sama dengan kolesterol. Diabetes mellitus disebabkan karena kadar gula darah berlebih. Situasi ini bisa menyebabkan timbulnya penyumbatan pada arteri koroner sehingga menghambat aliran darah ke jantung. Hindari atau kurangilah konsumsi makanan yang berkadar gula tinggi untuk terhindar dari diabetes mellitus.

Itu lah beberapa info mengenai penyebab jantung koroner yang harus diketahui. Penyakit jantung koroner memang penyakit paling mematikan di dunia, namun kita tidak perlu takut asalkan dapat menghindari faktor faktor penyebab dari penyakit ini.

Dan yang paling penting terapkan pola hidup yang sehat, apa bila merasakan gejala gejala diatas maka segera periksakan ke dokter.  Cegah dan sembuhkan penyakit jantung koroner sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here