Mengenal bahayanya hypoxia - Situ'Sehat

Informasi Seputar Kesehatan | Tips Kesehatan | Pola Hidup Sehat

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 17 Oktober 2017

Mengenal bahayanya hypoxia

Apa itu hypoxia ?. Hypoxia adalah suatu keadaan dimana jaringan tubuh kita mengalami kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen sama sekali bukan kondisi yang baik, karena oksigen adalah senyawa penting pembentuk energi bagi tubuh.



Hypoxia atau kekurangan oksigen juga disebut menjadi penyebab meninggalnya pemain bola yaitu kiper dari Persela Lamongan, Choirul Huda pada hari minggu (15-10-2017) usai berbenturan dan dilarikan ke RSUD dr Soegoro Lamongan.

Hypoxia akibat benturan bukan hanya bisa terjadi pada atlet. tetapi juga kita semua. Aktivitas sehari-hari, kurang hati-hati, dan olahraga yang kita lakukan pun bisa mengantarkan pada benturan yang berujung hypoxia.

Hypoxia juga bisa disebabkan oleh beberapa sebab misalnya kurangnya hemoglobin pada penderita anemia, kurangnya oksigen pada lingkungan sekitar, sumbatan jalan nafas yang dapat terjadi pada orang pingsan, terjadi sumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan suplai oksigen kejaringan berkurang.

Hipoksia juga diakibatkan dari serangan asma yang parah. Selama serangan asma berlangsung, jalur pernapasan Anda menyempit secara signifikan, membuatnya sangat sulit untuk mendapatkan cukup udara ke dalam paru-paru Anda.

Secara umum, hypoxia memiliki gejala seperti sakit kepala dan kehilangan pandangan. Kemudian, orang tersebut biasanya akan mengalami rasa geli di jari dan kaki. Namun, gejala tersebut sangat sulit dikenali. Tapi, ciri yang paling mudah adalah jari orang yang terkena hypoxia umumnya berubah menjadi biru.
Jika kondisi hypoxia tidak segera ditangani bisa menimbulkan kerusakan jaringan yang fatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here