Cara mengatasi pilek atau flu secara alami - Situ'Sehat

Informasi Seputar Kesehatan | Tips Kesehatan | Pola Hidup Sehat

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 18 Oktober 2017

Cara mengatasi pilek atau flu secara alami

Flu atau influenza biasa terjadi pada siapa saja dan pada saat seseorang mengalami kondisi tubuh atau daya tahan tubuh sedang lemah terutama saat udara dingin atau musim penghujan, sehingga tubuh kita menjadi kurang fit.

Penyakit flu dapat dengan mudah menular dari satu orang ke orang lain dengan melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga batuk dan bersin. Kuman flu tidak peduli apakah mereka menyebar melalui sentuhan ataupun udara, asalkan mereka dapat masuk ke dalam tubuh anda.

Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya yaitu badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala terasa berat, batuk-batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.


Berikut Beberapa Tips Cara Mengatasi Pilek atau Flu Secara Alami :

1. Perbanyak minum air putih.
Banyak minum air putih sekitar 2 liter setiap hari akan sangat baik untuk kesehatan karena dengan banyak minum air putih akan membuang racun-racun dalam tubuh kita dan membantu untuk menghilangkan flu, kita juga bisa meminum air putih yang hangat agar tubuh kita menjadi lebih hangat.

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat.
Selain dengan memperbanyak minu air putih anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, dsb.

Mengapa harus minuman hangat? Jawabannya karena pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat.

Maka dari itu, sangat disarankan agar anda banyak minum air, utjuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Mengapa harus air hangat?

Karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir. So, jika anda flu segeralah minum yang hangat-hangat!

3. Istirahat yang cukup.
Saat kita mengalami flu maka tubuh membutuhkan istirahat yang cukup yaitu sekitar 7 sampai 8 jam setiap harinya, hindari tidur yang terlalu larut dan jika memungkinkan tidur di siang hari akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita.

4. Konsumsi Buan dan Sayuran.
Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh.
Selain itu untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak meudah terserang penyakit.

5. Konsumsi Buan dan Sayuran.
Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh.
Selain itu untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak meudah terserang penyakit.

6. Gunakan Aroma Mentol / Mint.
Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara saya dalam mengatasi penyakit flu atau pilek.
Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada anda.

7. Mengkonsumsi jahe.
Jahe merupakan rempah-rempah yang dapat membuat tubuh menjadi hangat selain itu jahe dapat membantu mengatasi flu, anda bisa merebusnya dan meminum air rebusan jahe tersebut.

8. Mandi dengan Air Hangat.
Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Hindari minuman atau makanan yang mengandung es.

9. Terapi uap.
Dengan terapi uap akan banyak membantu melonggarkan pernafasan kita karena saat flu biasanya akan disertai juga dengan hidung yang mampet atau tersumbat, dengan menuang air panas dalam baskom dan kita dapat menghirup uap tersebut sehingga hidung menjadi lebih nyaman.

Nah, itulah beberapa Tips cara mengatasi pilek atau flu secara alami.  Isi dari artikel ini mungkin hanya sebagai tips, jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here