Ciri Ciri penyakit HIV AIDS Yang Umum Terjadi - Situ'Sehat

Informasi Seputar Kesehatan | Tips Kesehatan | Pola Hidup Sehat

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 11 Oktober 2017

Ciri Ciri penyakit HIV AIDS Yang Umum Terjadi


 Ciri ciri penyakit HIV AIDS yang umum terjadi. Penyakit HIV AIDS merupakan jenis penyakit yang tergolong sangat berbahaya dan mematikan bagi manusia. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui tentang bagaimana ciri ciri HIV AIDS tersebut.



Penyakit AIDS adalah sekumpulan gejala yang mengakibatkan timbulnya kerusakan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun manusia akibat virus dari HIV (Human Immunodeficiency Virus). HIV AIDS adalah dua hal yang saling berhubungan atau berkaitan, sehingga penyebutan penyakit ini juga kadang digabungkan menjadi HIV AIDS.

Jadi HIV adalah virus penyebab penyakit AIDS, dan umumnya lazim digunakan untuk menyebut jika seseorang yang telah positif tertular/menderita virus HIV tetapi belum tampak ataupun menunjukkan gejala-gejala. Seiring proses dari berjalannya waktu, HIV akan semakin berkembang dan menunjukkan sekumpulan gejala/sidrom sehingga dinamakan penyakit AIDS.

Proses perkembangan dari status HIV menuju AIDS bervariasi untuk setiap orang yang satu dengan yang lain. Tetapi pada umumnya sekitar berkisar dengan rentang waktu 5 – 10 tahun. Penyakit AIDS hinggai saat ini masih merupakan momok yang sangat ditakuti di seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena penyakit ini belum ditemukannya obat yang benar-benar berhasil dapat memberantas virus penyebab penyakit ini atapun menghentikan secara total penyebarannya yang semakin mengkhawatirkan.

Virus HIV penyebab AIDS dapat ditularkan dengan berbagai cara. Contohnya melalui penggunaan jarum suntik bersama pada pemakai narkoba,melakukan hubungan seksual, melakukan tranfusi darah, dan penularan dari ibu penderita HIV AIDS kepada bayinya.

Virus HIV menyerang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia khususnya pada sel darah putih (limfosit T) terkhusus lagi pada bagian sel CD4. Seseorang yang terindikasi positif telah terinfeksi virus HIV, suatu saat dapat berujung dan berkembang menjadi AIDS. Mekipun begitu,  orang yang positif menderita HIV AIDS tidak selalu menjadi AIDS, tergantung dari kemampuan tubuh yaitu tingkat kekebalan/imunitas masing-masing.

Tetapi memang pada kasus yang umumnya terjadi selama ini, bahwa virus HIV sebagian besar akan berpotensi meningkat statusnya menjadi AIDS.

Berikut Berbagai Ciri Ciri Gejala Dari Penyakit HIV AIDS Yang Dapat ditemui Pada Penderitanya

~ Penurunan berat badan secara drastis
Terjadinya penurunan berat badan yang terjadi secara drastis adalah salah satu ciri ciri HIV AIDS yang umum. Pada penderita HIV AIDS akan terjadi gangguan fungsional dalam penyerapan nutrisi berupa energi dan protein.

Hal ini mengakibatkan penderita HIV AIDS akan mengalami malnutrisi. Terjadinya penurunan berat badan bahkan mencapai 10% atau lebih dan dapat terus berlangsung seiring bertambah parahnya (kronis) perjalanan penyakit.

~ Demam
Kondisi demam diakibatkan karena masuknya virus HIV yang telah berubah menjadi AIDS mengakibatkan imunitas (daya tahan tubuh) seseorang akan menurun secara signifikan sehingga akan menimbulkan berbagai infeksi oportunistik yang disebabkan oleh berbagai organisme baik berupa virus, jamur, maupun bakteri.

Masuknya berbagai mikroorganisme ini ke dalam tubuh dapat memunculkan reaksi pada tubuh seperti kondisi demam (suhu lebih dari 38°C). Gejala demam ini kadang diikuti dengan berkeringat di waktu malam hari.

~ Cepat lelah dan nyeri sendi
Terjadinya kelelahan maupun nyeri sendi juga merupakan salah satu ciri-ciri penyakit AIDS yang diakibatkan karena terjadinya kondisi malnutrisi pada penderita dan mudahnya dalam menerima berbagai penyakit baik penyakit ringan maupun berat.

Sistem kekebalan tubuh akan bekerja secara lebih akan menyebabkan badan mudah capek dan terasa pegal-pegal bahkan dapat timbul nyeri sendi. Kekurangan asupan energi dalam tubuh menyebabkan penderitanya sering lemah, letih, maupun lesu walaupun tidak sedang melakukan aktfitas yang tergolong berat.

~ Gangguan pada sistem pencernaan
Penderita AIDS juga kadang menderita penyakit jamur pada bagian rongga mulut (sariawan) dan bagian kerongkongan yang menyebabkan penderita susah menelan sehingga nafsu makan menurun. Akibat dari masuknya sistem pencernaan bagian dalam dapat menyebabkan terjadinya diare yang sulit untuk disembuhkan (kronis), serta menyebabkan mual dan muntah. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan penderita HIV AIDS menjadi kurus kering dan kekurangan cairan tubuh.

Demikian informasi mengenai ciri HIV AIDS yang sering kita temui, kenali ciri-ciri hiv aids dan jika anda termasuk salah satunya, anda bisa melakukan tes hiv aids di rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here