6 Gejala Paru-paru Bermasalah (No. 4 Paling Berbahaya!) - Situ'Sehat

Informasi Seputar Kesehatan | Tips Kesehatan | Pola Hidup Sehat

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 08 Oktober 2017

6 Gejala Paru-paru Bermasalah (No. 4 Paling Berbahaya!)


Paru-paru sebagai salah satu organ vital di dalam tubuh manusia bekerja untuk mendapatkan oksigen dan bertugas mengeluarkan karbondioksida ketika kita menghela napas serta menyebarkan oksigen ke dalam darah.

Sebagai organ vital, rupanya ada beragam penyakit  yang muncul yaitu asma, bronkotis, tuberculosis, emfisema dan fibrosis kistik. Selain itu, penderita paru-paru juga bisa disebabkan pada orang yang merokok, mantan perokok, mendapat infeksi dan paparan alergen akibat hewan peliharaan dan tungau debu, terpapar asap rokok, polusi udara serta hal-hal yang lain.





Mencegah dan menjaga sejak dini dari kerusakan para serta resiko penyakit paru-paru kronis sampai menimbulkan kanker paru-paru adalah langkah yang tepat yang harus anda lakukan sekarang juga. Salah satu pencegahannya adalah dengan mengetahui apa saja tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya masalah pada paru-paru. Berikut akan dijelaskan secara rinci tentang 5 tanda paru-paru bermasalah


1. Sesak napas
Sesak napas juga menjadi tanda yang jelas jika ada masalah pada paru-paru anda. Sulit bernapas tentunya akan membuat anda susah, apalagi kesulitan itu akan bertambah ketika anda beraktivitas. Jika anda mengalami hal ini, maka jangan abaikan hal itu. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih mendalam.

Bagi anda yang belum pernah mengalami hal ini, maka wajib untuk menjaganya agar hal itu tidak terjadi pada anda juga. Cara menjaga paru-paru dari sesak napas bisa anda lakukan dengan rutin berolahraga, latihan pernapasan serta banyak minum air putih.


2. Sakit kepala di pagi hari
Apabila anda tiba-tiba bangun pagi kemudian sering mengalami pusing atau sakit kepala, maka anda perlu memeriksakan masalah anda itu ke dokter, karena bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda paru-paru anda bermasalah.


3. Batuk batuk
Batuk jika terjadi dan dialami dalam frekuensi yang terlalu sering, maka Anda seharusnya patut mencurigai kondisi tubuh Anda. Penyebab batuk berdahak sesekali saja bisa jadi memang batuk biasa, namun ketika sudah terlalu sering dan bahkan seolah-olah batuk tersebut susah sembuh yang juga datang secara bertubi-tubi tiada jeda, paru-paru Anda jelas sedang bermasalah. Seringnya batuk dapat menjadi tanda bahwa saluran bronchial Anda mengalami peradangan di mana menjadikan sisi elastisnya menurun.

Ketika keelastisan dari saluran bronchial tersebut mengalami menurun karena radang, hal ini akan berimbas langsung ke dinding saluran pernapasan. Bagian ini akan menjadi lebih tebal dari biasanya. Bahkan ada lebih banyak lendir yang diproduksi di dalamnya yang akan membuat Anda menjadi sering batuk-batuk. Untuk mengetahui kondisi sebenarnya, melakukan rontgen paru-paru merupakan keputusan yang baik.


4. Peningkatan jumlah lendir
Umumnya ketika seseorang batuk akan diserta dengan adanya lendir atau dahak, sebagaimana yang telah diterangkan di atas bahwa lendir berfungsi untuk menjaga paru-paru dari serangan kuman, kotoran, serbuk, debu, bakteri dan lainnya.

Akan tetapi, apa jadinya jika jumlah lendir terlalu banyak, maka ini merupakan tanda bahwa paru-paru anda bermasalah. Perubahan warna, ketebalan dan bau pada lendir juga menjadi pertanda bahwa produksi lendir tidak normal lagi dan itu menjadi masalah pada paru-paru. Jika anda mengalami masalah seperti ini dan hal itu berlangsung cukup lama, maka segera temui dokter spesialis untuk mengetahui masalah pada paru-paru anda yang sesungguhnya.


5. Kesulitan tidur
Sulit tidur juga bisa menjadi gejala paru-paru yang bermasalah, apalagi bila Anda terlalu sering menumpuk bantal dengan tujuan supaya dapat menambah kenyamanan untuk bernapas. Beberapa orang yang mengalami kesulitan tidur karena pernapasan terganggu pun akan memilih tidur di kursi supaya lebih baik. Ketika Anda memutuskan untuk tidur telentang dengan tidak memakai bantal dan dengan posisi lurus, maka hal ini akan membuat kinerja paru-paru menjadi lebih keras.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadai bahwa kesulitan tidur atau bahkan tidak bisa nyenyak karena sulit bernapas itu bukan berasal dari paru-paru mereka. Kondisi ini dianggap biasa sehingga mereka lebih fokus bagaimana membuat posisi lebih nyaman ketika akan tidur. Namun sebenarnya kondisi Anda bisa lebih serius dari sekadar salah posisi tidur dan jika disertai pusing, lemah, serta batuk, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

6. Bengek
Suara bernada ngik...ngik...ngik...begitu terdengar ketika bernapas, ini bisa disebut dengan bengek. Jika anda mengalami hal ini, maka segera periksaan keadaan anda sebab itu adalah salah satu tanda bahwa paru-paru anda sedang bermasalah. Banyak tanda penyakit yang menjadi gejalanya jika napas bengek, diantaranya gelaja asma, kanker dan lainnya. Untuk memastikannya sebaiknya lakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis.


Jadi sebelum paru-paru anda bermasalah maka sebaiknya lakukan langkah awal yaitu dengan menjaga serta memperhatikan kesehatan paru-paru anda supaya tidak terjadi sesuatu yang berbahaya. Sekian dan terimakasih...

1 komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here